Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Basenji jenis anjing tanpa menggonggong

BASENJI 


Basenji adalah anjing ras pemburu asal Afrika tengah. Salah satu dari 14 anjing paling "primitif" di dunia. Di Amerika Utara, Basenji dianggap sebagai anjing ras sighthound yang mengejar dan menyerang segala mangsa secara diam-diam. Walaupun bisa menggeram, Basenji tidak menggonggong atau menyalak, namun bisa meniru suara menyalak bila dibesarkan bersama anjing jenis lain yang menyalak.

Basenji, anjing ras pemburu asal afrika tengah.
Basenji, anjing ras pemburu asal afrika tengah.

Ciri Khas

Basenji berbentuk kecil, terlihat anggun, anjing berambut pendek dengan telinganya yang tegak, disertai ekor yang berkerut dengan tegang, dan sebuah leher yang lembut. Beberapa orang menyamakan kenampakan Basenji sama seperti miniatur seekor rusa kecil. Dahi Basenji berkeriput, khususnya ketika hewan tersebut masih muda. Mata Basenji ciri-cirinya berbentuk almond, yang membuat anjingnya terlihat juling.

Basenji mula-mula dikembangkan Afrika untuk tujuan berburu. Basenji, terkenal mengenal sebagai "Anjing tanpa gonggongan" (African barkless dog). Ras anjing ini adalah salah satu ras yang paling tua, dengan dokumentasi spesimen yang ditemukan pada zaman Mesir kuno. Naluri berburu Basenji sangat kental. Mereka suka mengejar segala sesuatu yang bergerak. Basenji kadang sering bersembunyi dan menjauhkan diri dari orang asing.

Anjing Trah ini cerdas dan independen, sekaligus merupakan tantangan bagi pemiliknya untuk selalu menciptakan berbagai kegiatan/aktivitas agar anjingnya tidak mudah bosan. Temperamen Anjing Basenji Basenji adalah jenis anjing ras yang waspada dan senang bermain. Tetapi, jenis anjing ini tidak direkomendasikan untuk pemilik yang masih pemula atau kurang pengalaman.

Anjing Basenji mempunyai kecenderungan untuk jadi perusak jika ditinggal pemiliknya terlalu lama. Rasa bosan yang berkepanjangan menyebabkan munculnya sifat destruktif. Anjing Ras Basenji bisa menjadi teman yang baik bagi anak-anak, asal disosialisasikan sejak kecil. Soasialisasi awal ini juga mencegah munculnya kecenderungan agresif dengan anjing/hewan lain.

Basenji, warna dasar merah bata dan juga black and tan.
Basenji, warna dasar merah bata dan juga black and tan.
Perawatan Anjing Basenji

Anjing Basenji mempunyai perilaku yang mirip kucing. Ia sangat suka kebersihan dan Kadang suka menjilati dan membersihkan bulunya sendiri. Basenji termasuk anjing yang rontok/ganti bulunya hanya sedikit, atau bahkan terlihat tidak ada kerontokan sama sekali. Bagaimanapun juga perawatan tetap diperlukan agar bulunnya selalu bagus dan terlihat prima.

Sekali-sekali perlu disisir dengan sisir tipe bristle atau sikat untuk menyingkirkan bulu yang sudah mati dan rontok. Intinya, perawatan anjing Basenji sangat mudah. Bulu Basenji Basenji mempunyai rambut yang pendek, tentunya tidak memerlukan banyak perawatan. Rambut anjing Basenji harus pendek, boleh sedikit kasar, tapi tidak boleh terlalu kasar, atau terlalu lembut. Anjing ini sedikit mirip kucing, suka membersihkan badan dan bulunya sendiri, sehingga perawatan dan kebersihannya relatif mudah. Basenji termasuk anjing yang hanya sedikit atau bahkan tidak berbau sama sekali.

Melatih Anjing Basenji

Bila ingin dipelihara di rumah, anjing Basenji harus disosialisasikan sejak kecil untuk mencegah masalah perilaku destruktif terhadap benda, hewan lain dan orang disekitarnya. Pelatihan kepatuhan (obedience) adalah suatu keharusan untuk anjing yang waspada dan enerjik ini. Metode pelatihan harus bervariasi tetapi konsisten, karena anjing Basenji termasuk anjing yang mudah bosan.

Aktivitas Anjing Ras Basenji

Basenji termasuk anjing yang enerjik, oleh karena itu ia membutuhkan latihan. Jalan-jalan harian yang agak cepat dan memerlukan lebih banyak energi memang diperlukan karena anjing Basenji memang punya banyak cadagan tenaga, seolah-olah tidak pernah lelah. Sebagai anjing pemburu, ras anjing ini punya stamina yang mengagumkan. Bila dibiarkan hidup di halaman rumah/halaman belakang, sebaiknya dipagari dan pagar harus ditanam agak dalam, karena anjing ini memang jago melepaskan diri.

Basenji Dewasa dan Puppy.
Basenji Dewasa dan Puppy.

Warna : red, black, black and tan, atau brindle, semua dengan kaki bagian bawah, dada dan ujung ekor berwarna putih. Bisa ada tambahan warna putih di kaki bagian atas, leher atau punggung.

Tinggi : Anjing jantan 41-43 cm. Betina 38-41 cm.

Berat : Anjing jantan 10-12 kg. Betina 9-11 kg.

Permasalahan Kesehatan : cenderung terkena gangguan ginjal (Fanconi's syndrome), gangguan mata (atropi retina progresif) dan gangguan usus

Group Ras : Hound.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Vivi Zhu mengatakan...

Sad..:(

Posting Komentar