Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Beagle - Anjing Pemburu Kecil

BEAGLE 


Beagle atau biasa dikenal dengan Anjing Pemburu adalah ras anjing terkecil dari famili anjing pemburu yang aslinya berasal dari Inggris. Beagle diklasifikasikan menjadi empat jenis, yaitu: Beagle berukuran sedang, Beagle kerdil atau kecil, Beagle rubah, dan Beagle terrier (berbulu kasar). Dalam sejarahnya, anjing ini sering dimanfaatkan dalam berburu kelinci karena memiliki penciuman yang tajam walaupun pergerakkannya tidak terlalu cepat. Pada tahun 1923, populasi Beagle hampir mengalami kepunahan di Inggris karena banyak masyarakat di sana yang tidak lagi menyukai berburu bersama Beagle. Pada tahun 1930, Phillip Honeywood meenjadi pioner yang mendukung kegiatan berburu bersama Beagle sehingga populasi anjing ini kembali meningkat. Selain digunakan sebagai anjing peliharaan keluarga, penegak hukum di beberapa negara juga menggunakan anjing ini sebagai anjing pelacak.

Beagle tidak hanya sebagai anjing pemburu namun juga pandai sebagai pelacak
Beagle tidak hanya sebagai anjing pemburu namun juga pandai sebagai pelacak.

Sifat dan Sikap :

Anjing beagle merupakan jenis anjing yang memiliki sikap yang manis, penuh kasih sayang, pintar, ramah, ceria kepada setiap orang. Anjing ini memiliki keunikan dalam hal menyapa dengan cara ekor yang bergoyang-goyang, terutama kepada anak-anak anjing ini sangat penyayang, terhadap anjing lain mereka kurang bersahabat karena anjing ini memilki naluri pemburu maka jangan kaget ketika anjing ini disatukan dengan jenis yang lain akan berantem. Anjing beagle ini ketika sedang melakukan pelacakan dengan penciuman hidungnya, dia tidak akan mendengarkan siapapun yang memangil dirinya, karena naluri berburunya yang sangat baik. Anjing Beagle yang menganggap dirinya adalah Pack Leader daripada manusia akan mengembangkan sikap seperti menggonggong secara obsesif, mengertak, menggigit, dan suka merusak saat mereka ditinggalkan sendiri. Ini bukan sifat asli Beagle namun sikap ini muncul karena kurangnya kepemimpinan dan latihan dari pemiliknya.

Latihan Fisik :

Anjing ini memilki semangat dan stamina yang baik untuk berlatih atau diajak berjalan santai. 1 hal yang tak boleh dilupakan, anjing ini harus diikat dengan tali penuntun, jika anda tidakn ingin beresiko Beagle akan hilang karena naluri berburunya.

Ciri Umum Anjing Beagle.

Tinggi :

Jantan 14-16 inci (36-41cm).
Betina 13-15 inci (33-38cm).
Ada dua jenis tinggi, yaitu 13-15 inci (33-38cm) dan di bawah 13 inci (33cm). 

Berat : 

Jantan 22-25 pon (10-11kg).
Betina 20-23 pon (9-10kg).

Lama Usia:

Sekitar 12-15 tahun.


Perawatan anjing:

Karena anjing beagle memiliki bulu yang halus dan pendek kita mampu melakukan perawatan dengan sendiri dirumah. Belilah sisir bulu dengan sikat yang tegas, lalu mandikan anjing ini dengan 1 kali seminggu agar tidak bau.

Kondisi Tempat Tinggal:

Anjing Beagle sangat aktif di dalam ruangan dan sebuah halaman kecil cukup bagi mereka.

Beagle juga memiliki masalah kesehatan yang cukup bahaya.
Masalah Kesehatan:

Anjing Beagle memiliki kecenderungan epilepsi, penyakit hati, masalah mata dan punggung, Chondroplasia, Aka Dwarfism (kaki depan melengkung seperti Basset).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar