Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Siberian Husky and Alaskan Malamute

Mengenai Siberian Husky di Indonesia 

Di Indonesia, orang-orang sering salah perkiraan tentang Siberian Husky. Jangan mau di-"bohongi" oleh penjual-penjual yang mengatakan, "Oh, Siberian Husky kami bagus lho.." , "Kalo mata nya biru itu lebih mahal, dimana-mana juga gitu.." dan bla bla bla.. Semua itu BOHONG ! Semoga hal-hal dibawah ini bisa membantu teman-teman sekalian untuk meninjau kembali.

1. Marking Trisula jadi harganya lebih mahal 

Statement ini sangat tidak benar. Marking di bagian kepala Siberian husky akan berubah dengan bertambahnya usia. Saya menjumpai banyak Siberian Husky yang sangat bagus di dunia biarpun dia tidak mempunyai marking yang sempurna ataupun ada warna putih di bagian leher.  Jadi , bila breeder anda menjual Husky dengan harga lebih mahal jangan sampai marking menjadi bahan pertimbangan anda.


Siberian Husky nomor 1 di Indonesia
Siberian Husky nomor 1 di Indonesia
Ini merupakan gambar Siberian Husky nomor 1 di Indonesia karena sudah berkali-kali menang kontes.



Nama: Grand.AM.TH.CH.Alcinta'S Riverman.
Tanggal lahir: 8 July 2003.
Warna: Abu putih.



Sekilas anjing ini tampak biasa saja, namun siapa yang sangka ternyata anjing ini adalah anjing paling perfect di Indonesia. Marking nya pun tampak biasa saja. Sebenarnya yang harus diperhatika adalah ANATOMI.



2. Tulang Kasar, Kepala Besar.

Siberian Husky mempunyai standard sendiri untuk tinggi dan berat. Bila ada breeder yang tidak mempunyai standard yang jelas, berhati-hatilah. Saya menjumpai banyak kasus dimana anjing Husky dibreeding dengaan Alaskan Malamute dengan tujuan agar pada saat puppy mereka terlihat jauh lebih besar. Jadi, jangan termakan hanya karena anjing tersebut berukuran besar atau raksasa.

3. Warna ini lebih langka, Warna itu lebih mahal, blablabla

Semua warna siberian husky adalah sama nilainya, Warna putih, coklat, hitam semua adalah bernilai sama. Bila ada breeder yang menaikan harga hanya karena warna, berhati-hatilah. Karena sering kali warna yang anda cari adalah warna yang bakal dibilang langka dengan harapan akan dapat menaikan harganya. 

4. Wooly Coat atau Husky Berbulu panjang

Siberian husky berbulu panjang adalah diskualifikasi dan tidak diperbolehkan untuk dikawinkan. Bila ada orang yang menjual Siberian Husky dengan bulu panjang dan membuatnya sebagai alasan untuk menaikan harga, berhati-hatilah. Karena anjing siberian husky dengan bulu panjang tidak disarankan untuk dikawinkan karena akan merusak generasi Siberian Husky di masa depan.

5. Warna MATA BIRU lebih mahal

Statement ini sangat salah dan menurut saya sangat dibuat buat, warna mata siberian husky sangat bervariasi dari biru, orange (amber), light brown (coklat muda), coklat tua, hijau, ada yang keduanya satu warna dan ada yang berbeda warna, ada juga yang parti color (satu mata 2 warna) semuanya nilainya sama, tergantung saja kita sebagai calon pemilik untuk memilih. Tetapi yang saya sarankan ini bukanlah faktor penentu harga!

5. Keturunan IMPORT atau Keturunan Champion

Kualitas anjing import belum tentu 100% adalah anjing dengan kualitas yang sesuai dengan Standard. Banyak kasus dimana breeding yang tidak direncanakan dengan baik akan menghasilkan anakan yang tidak lebih bagus dari orang tuanya. Berbicaralah dengan pemilik tentang bloodline anjing mereka, bagaimana mereka bisa mendapatkan anjing tersebut. Jangan hanya karena faktor anakan import maka harga akan jadi lebih mahal.

Di Indonesia mendapatkan gelar champion untuk trah Siberian Husky belumlah terlalu susah, jangan terpancing gara-gara mereka anakan champion terus harga akan bisa jadi mahal. Saya menemui banyak sekali Siberian Husky yang telah finish indonesian champion yang kualitasnya sangat jauh dari standar siberian husky. Jadi berhati-hatilah !

6. Ekor Kipas Atau melengkung ke atas setengah lingkaran

Pada saat stand and stack ekor husky harus turun kebawah, bukan naik keatas ataupun naik setengah lingkaran ke atas. Ekor Siberian Husky tidak boleh membentuk setengah lingkaran dalam kondisi diam atau berlari.

Pada saat berlari, ekor siberian husky harus sejajar atau naik sampe kurang lebih 45 derajat ke atas. BILA ADA PENJUAL yang memberitahu bahwa ekor husky harus melingkar, maaf anda harus mencari di tempat lain ( husky dengan ekor melingkar mempunyai darah yang bercampur dengan trah lain).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar