Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

American Bully - Anjing Gladiator Tertangguh

American Bully



Anjing American bully dibiakkan pada pertengahan 1990 dengan tujuan diciptakan sepenuhnya sebagai teman keluarga. American bully diciptakan dengan pembiakan selektif, yaitu menggabungkan sifat-sifat yang diinginkan dari American Pit Bull Terrier dan American Staffordshire Terrier. Asal American bully bisa dilihat di bagian timur dan pantai barat Amerika Serikat, terutama di Virginia dan Los Angeles, California. Sekarang ini, anjing American bully juga bisa dilihat di Eropa dan Asia. The American Pit Bull Terrier dibuat di awal 1800-an untuk berkelahi. APBT dibuat dan dirancang untuk menjadi gladiator tertangguh, sebelum sebagai sahabat terbaik manusia. APBT dirancang memiliki kekuatan fisik dan stamina. Anjing ini diciptakan untuk menegakkan apa yang disebut "gameness". Keadaan mental yang membuat anjing ini mesin tempur utama. Anjing ini juga diciptakan untuk naluriah tidak pernah untuk mencelakai tangan manusia, bahkan dalam panasnya pertempuran. Mereka adalah atlet ideal dan pesaing, dan yang paling stabil dan bertoleransi tinggi pada manusia. Sampai akhirnya pertempuran olahraga anjing dilarang dan dianggap tidak manusiawi. Lalu trah ini belanjut dengan satu-satunya tujuan untuk menjadi sahabat manusia.


Anjing American Bully memiliki karakter anjing yang ceria, stabil, percaya diri, lembut dan penuh sayang. Anjing American bully sangat setia, lucu, hampir selalu patuh dan tidak ada yang diinginkannya melebihi keinginannya untuk menyenangkan tuannya. Anjing ras ini adalah anjing penjaga yang sangat berani, cerdas dan bersemangat. Anjing American Bully memiliki kesetiaan dan stabilitas dari American Pit Bull Terrier dan disisi lainnya juga memiliki karakter ramah, bisa bersosialisasi dan outgoing dari American Staffordshire Terrier. 

Anjing ras unik ini terkenal dengan sifat toleransi yang tinggi dengan anak-anak dan hasrat besarnya untuk menyenangkan keluarganya. Secara fisik, American bully memiliki tubuh yang mengesankan dan sangat atletik dimana memperlihatkan kekuatan dan kelincahan. Anjing ras ini sangat cekatan dan mampu menyelesaikan berbagai macam tugas. Secara garis besar, anjing American bully adalah anjing yang dapat diandalkan, dipercaya, dan ideal sebagai teman keluarga. Anjing ini sangat melindungi tuannya termasuk barang milik tuannya, mereka akan bertarung dengan musuh hingga mati jika musuhnya memperangkapnya dan mengancam orang yang dicintainya. Mereka mampu menahan rasa sakit.

Sosialisasikan sejak kecil untuk mencegah kecenderungan sifat agresif pada anjing. Anjing American bully bukan untuk pemilik yang pasif yang tidak mengerti bahwa semua anjing membutuhkan seorang pack leader. Mereka membutuhkan pemilik yang tegas, namun tenang, percaya diri dan konsisten. Mereka perlu tahu apa yang diharapkan dari mereka, aturan untuk dipatuhi dan batas-batas apa yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan. Saat kita hidup dengan anjing, kita harus menjadi pack leader mereka dan hanya itu satu-satunya cara agar hubungan anda bisa sukses bersama anjing anda.


Bertubuh pendek, dada lebar, berotot dan bulu mengkilap Kepala berukuran besar dan panjangnya sedang, tengkorak lebar, otot pipi sangat jelas, wajahnya pendek dan telinga set tinggi (bisa dipotong atau natural) Moncong lebar dan panjang sedang, mengecil sedikit dari kepala sampai hidung Mata bulat, lebar dan berukuran sedang. Leher terlihat kuat, berotot dan melebar ke arah bahu. Tidak ada kulit longgar/lipatan. Ekor tidak dipotong, panjang sedang, diset rendah, ujungnya meruncing dan tidak terlalu ikal. Bulu halus, pendek, berkilau dan dekat dengan kulit. Warna apa saja termasuk kombinasi warna diterima kecuali warna Merle.


Anjing American Bully harus memiliki banyak latihan fisik secara teratur termasuk jalan kaki panjang setiap hari untuk mengeluarkan energi mental dan fisik mereka.



Bulu halus dan pendek seperti anjing American bully sangat mudah dirawat. Sisir secara teratur dengan sikat bulu yang tegas dan mandikan atau dry shampoo jika dibutuhkan. Menggosok dengan sehelai handuk atau chamois akan membuat bulunya mengkilap. American bully termasuk anjing dengan tingkat kerontokan sedang.


Tinggi : Jantan 46-53 cm ; Betina 43-51 cm.

Berat : Tidak ada bobot tertentu untuk jenis ras ini.

Group : Bully Breeds.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

MABC - Anjing Teckel asal Jerman.

Dachshund / Teckel 


 
Teckel memiliki tubuh yang panjang dan kaki pendek.
Teckel memiliki tubuh yang panjang dan kaki pendek.

Anjing dengan tubuh yang panjang dan kaki yang pendek merupakan cirri khas dari anjing trah Dachshund atau Teckel. Trah ini mempunyai berbagai fungsi; anjing sahabat, anjing jaga, dan anjing keluarga. Padahal , anjing ini pertama kali diperuntukan untuk berburu. Karena dia memiliki kaki yang pendek sehingga sering mengalami kesulitan untuk melewati semak-semak belukar akhirnya anjing ini tidak lagi dipergunakan sebagai teman untuk berburu.

Nenek moyang anjing ini berasal dari Jerman . Dachshund dan Basset Hound berasal dari nenek moyang yang sama. Walaupun bertubuh kecil dan pendek, Dachshundmemiliki sifat yang sangat berani, dia tidak segan-segan untuk menyerang binatang yang lebih besar dari tubuhnya. Dachshund berasal dari kata Dachs yang berarti Badger (sejenis binatang seperti bajing yang hidup di bawah tanah biasanya banyak ditemukan di Negara Eropa) dan Hound yang berarti anjing Jerman. Anjing ini mempunyai penciuman yang sangat tajam, dia sangat cepat mengetahui keberadaan hewan Badger walaupun dibawah tanah. Dachshund dapat dengan mudah menelusuri lorong-lorong bawah tanah yang di buat oleh Badger karena badannya yang kecil, pendek dan panjang. Oleh karena itu, sekarang anjing ini sangat senang menangkap tikus . Anjing trah ini sekarang juga banyak digunakan oleh kepolisian untuk membantu dalam pelacakan obat terlarang. Selain nama Dachshund dan tekel anjing ini juga dikenal dengan nama anjing sosis di seluruh dunia karena tubuhnya yang panjang seperti sosis.

Jenis Teckel Long Hair warna Black and Tan
Jenis Teckel Long Hair warna Black and Tan
Bulu dan Warna

Dachshund memiliki 3 jenis bulu yaitu bulu pendek, bulu panjang dan bulu kasar (wire haired). Dachshund umumnya berwarna balck and tan, red and tan, red, brown sable, grey, dan daple. Sekarang banyak ditemukan Dachshund erwarna white daple dengan warna mata biru. Untuk anjing show, Dachshund diharuskan berwarna black and tan, red and tan, red, brown sable. Warna daple tidak diperbolehkan untuk mengikuti show.

Karakteristik

Menurut standar, varian mininya berbeda dari yang berukuran penuh hanya dalam besar dan beratnya saja. Namun, keturunan dari induk dan bapaknya tak boleh lebih berat daripada berat standar mini juga agar dapat dianggap sebagai dachshund mini.Dachshund merupakan anjing yang lincah dan suka bermain. Anjing ini termasuk anjing yang mudah dilatih, sangat setia dan merupakan anjing penjaga yang hebat.


Untuk yang berbulu pendek, anjing ini memiliki sedikit bau badan. Perawatan bulunya juga sangat mudah, hanya perlu disikat 2 kali dalam seminggu . Bulunya yang sangat pendek tidak perlu sering dimandikan cukup di lap dengan kain lap karet yang basah setiap hari. Untuk yang berbulu panjang, harus disisir sedikitnya 2 kali dalam sehari. Sedangkan yang berbulu kasar perlu ditrimming. Hindari Dachshund melompat dari tempat yang tinggi seperti ranjang, kursi atau meja untuk menghindari cedera pada tulang belakangnya.

Puppies Teckel biasanya lahir sebanyak 3-7 ekor.
Puppies Teckel biasanya lahir sebanyak 3-7 ekor.

Ukuran

Seekor dachshund dewasa standar rata-rata beratnya antara 7 hingga 12,7 kg, sementara jenis mininya biasanya tidak lebih berat dari 5 kg. Sejak tahun 1990-an, penggunaan kelas ketiga oleh para pemiliknya, "tweenie," yang mencakup anjing-anjing yang berada di antar ukuran standar dan mini, yaitu antara 4,5 hingga 6,75 kg, makin populer.
Tinggi Dachshund setengah anjing biasa dan panjangnya satu setengah kali. Namun banyak puisi dan lagu menyebut mereka "dua kali panjang anjing biasa." Ciri khas ini telah membuat mereka cukup mudah dikenali dan ditampilkan dalam berbagai lelucon dan kartun, khususnya The Far Side oleh Gary Larson.

Puppies

Dachshund dapat melahirkan antara 3-7 ekor anakan. Breeding Dachshund sangat mudah karena tingkat kematian bayi Dachshund sangat rendah. Jarang sekali Dachshund melahirkan dengan proses bedah Cesar karena Dachshund memiliki tulang pinggul yang besar.

Dachshund /  Teckel.
Dachshund /  Teckel.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Samoyed - a " Smile Dog "

SAMOYED 


Samoyed dengan postur tubuh yang tegak sempurna.
Samoyed dengan postur tubuh yang tegak sempurna.

Samoyed adalah salah satu dari 14 anjing ras termurni di dunia. Bulunya tebal, berwarna putih, dengan wajah khas yang mirip dengan serigala. Bentuk tubuhnya tegak sempurna, dengan ekor yang melengkung ke arah punggungnya. Mata dan mulutnya dibingkai oleh garis warna hitam, menegaskan ekspresi wajah yang selalu ramah. Begitu ramahnya, anjing ini memiliki julukan anjing tersenyum. Nama Samoyed diambil dari nama bangsa yang hidup di Siberia, yang salah satu sukunya Nenet membiakkan anjing ini untuk membantu kehidupan sehari-hari mereka. Tempat tinggal mereka yang dingin di Siberia tidak menjadi masalah berkat bulu yang sangat tebal. Samoyed memegang peran yang vital dalam keluarga suku Nenet. Selain menggembalakan rusa kutub dan menarik kereta salju, Samoyed juga diandalkan menjaga anak-anak mereka. Di saat malam hari, Samoyed dijadikan kasur hidup yang hangat di dalam kemah suku yang nomaden ini.

Ciri Khas

Samoyed berbulu putih, dengan sedikit warna krem di sekitar telinga atau wajah. Warna lebih gelap akan didiskualifikasi dan tidak akan diterima sebagai anjing Samoyed oleh Perkin. Bulu tebal ini, terdiri dari dua lapisan. Bulu halus di dalam berfungsi sebagai penghangat di kala dingin, dan bulu panjang di luar yang memiliki lapisan anti air berfungsi sebagai peneduh sekaligus mengusir kotoran serta kutu anjing. Telinga berbentuk segitiga dan selalu berdiri. Mata Samoyed berwarna gelap, bervariasi mulai dari coklat tua ke hitam, dibingkai oleh garis hitam yang tegas. Ekor melengkung ke belakang punggung, terutama pada saat waspada.

Karakter

Dijuluki anjing tersenyum bukan tanpa alasan. Sifat Samoyed yang ramah dan senang bermain membuatnya lebih cocok dijadikan anjing keluarga dibanding anjing penjaga. Naluri penggembalanya membuat Samoyed menjadi anjing terbaik untuk menemani anak-anak dan menjaga mereka. Kecerdasan Samoyed membuat anjing ini sering dianggap keras kepala. Dia memiliki kehendak sendiri sehingga seringkali tidak menuruti perintah yang dianggapnya tidak masuk akal, dan bersikap seolah-olah tidak mengerti. Namun karakternya yang berkepribadian ini justru membuatnya lebih menarik. Latihan yang bervariasi dan tidak membosankan diperlukan untuk mendidik anjing ini.

Samoyed dijuluki anjing tersenyum.
Samoyed dijuluki anjing tersenyum.

Perawatan Anjing Samoyed

agar tetap tampil cakep, harus dirawat dengan benar. Gunakan sampo whitening setiap kali mandi, mandi tidak terlalu sering cukup 2 minggu sekali. Selesai mandi,rambut harus brenar-benar kering. Kalau tidak kering betul, kulit gampang sakit, jadi merah-merah.

Rambut wajib disisir dan disikat setidaknya 2 kali seminggu, rambut harus bersih.malas merawat, rambut bisa menggumpal dan mengeras. Rambut seperti itu harus digunting, seminggu sekali, harus mengelap rambut Samoyed seminggu sekali dengan tissue bayi. Tisu bisa juga memmutihkan rambut. Sementara kuku dipotong pendek. Gigi dan telinga butuh perawatan rutin.

Meski berasal dari daerah bersalju, Samoyed juga bisa dipelihara didaerah tropis. Tak harus menggunakan AC. Secara bertahap, ia dapat beradaptasi dengan suhu panas. Samoyed dari daerah dingin tak boleh langsung dipelihara tanpa AC.

Untuk bertahan di daerah panas, Samoyed perlu banyak minum. Karenanya air minum harus selalu tersedia. Pasalnya, udara panas akan cepat menguras cadangan air di dalam tubuhnya, kalau sampai kekurangan air atau ”kaget panas” bisa fatal. Bisa mati mendadak karena heat stroke.

Di daerah panas, rambut tetap bisa tebal, berikanlah minyak jagung secara teratur, bisa juga minyak ikan. Yang penting mengandung omega 3 dan 6. Cara pemakaiannya, kalau berupa cair, campurkan langsung pada makanannya, jika berupa kapsul harus dicekokan, vitamin E juga bagus untuk kulit dan rambut.


Ukuran standarisasi Samoyed.
Ukuran standarisasi Samoyed.


Ukuran Samoyed :

Tinggi Jantan sekitar 53-60 cm.
Tinggi Betina sekitar 48-53 cm.

Berat Samoyed :                                                                                                                                                                                                                   

Berat Jantan 20-32 kg.
Berat Betina  16-25 kg.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS