Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MABC - Anjing Teckel asal Jerman.

Dachshund / Teckel 


 
Teckel memiliki tubuh yang panjang dan kaki pendek.
Teckel memiliki tubuh yang panjang dan kaki pendek.

Anjing dengan tubuh yang panjang dan kaki yang pendek merupakan cirri khas dari anjing trah Dachshund atau Teckel. Trah ini mempunyai berbagai fungsi; anjing sahabat, anjing jaga, dan anjing keluarga. Padahal , anjing ini pertama kali diperuntukan untuk berburu. Karena dia memiliki kaki yang pendek sehingga sering mengalami kesulitan untuk melewati semak-semak belukar akhirnya anjing ini tidak lagi dipergunakan sebagai teman untuk berburu.

Nenek moyang anjing ini berasal dari Jerman . Dachshund dan Basset Hound berasal dari nenek moyang yang sama. Walaupun bertubuh kecil dan pendek, Dachshundmemiliki sifat yang sangat berani, dia tidak segan-segan untuk menyerang binatang yang lebih besar dari tubuhnya. Dachshund berasal dari kata Dachs yang berarti Badger (sejenis binatang seperti bajing yang hidup di bawah tanah biasanya banyak ditemukan di Negara Eropa) dan Hound yang berarti anjing Jerman. Anjing ini mempunyai penciuman yang sangat tajam, dia sangat cepat mengetahui keberadaan hewan Badger walaupun dibawah tanah. Dachshund dapat dengan mudah menelusuri lorong-lorong bawah tanah yang di buat oleh Badger karena badannya yang kecil, pendek dan panjang. Oleh karena itu, sekarang anjing ini sangat senang menangkap tikus . Anjing trah ini sekarang juga banyak digunakan oleh kepolisian untuk membantu dalam pelacakan obat terlarang. Selain nama Dachshund dan tekel anjing ini juga dikenal dengan nama anjing sosis di seluruh dunia karena tubuhnya yang panjang seperti sosis.

Jenis Teckel Long Hair warna Black and Tan
Jenis Teckel Long Hair warna Black and Tan
Bulu dan Warna

Dachshund memiliki 3 jenis bulu yaitu bulu pendek, bulu panjang dan bulu kasar (wire haired). Dachshund umumnya berwarna balck and tan, red and tan, red, brown sable, grey, dan daple. Sekarang banyak ditemukan Dachshund erwarna white daple dengan warna mata biru. Untuk anjing show, Dachshund diharuskan berwarna black and tan, red and tan, red, brown sable. Warna daple tidak diperbolehkan untuk mengikuti show.

Karakteristik

Menurut standar, varian mininya berbeda dari yang berukuran penuh hanya dalam besar dan beratnya saja. Namun, keturunan dari induk dan bapaknya tak boleh lebih berat daripada berat standar mini juga agar dapat dianggap sebagai dachshund mini.Dachshund merupakan anjing yang lincah dan suka bermain. Anjing ini termasuk anjing yang mudah dilatih, sangat setia dan merupakan anjing penjaga yang hebat.


Untuk yang berbulu pendek, anjing ini memiliki sedikit bau badan. Perawatan bulunya juga sangat mudah, hanya perlu disikat 2 kali dalam seminggu . Bulunya yang sangat pendek tidak perlu sering dimandikan cukup di lap dengan kain lap karet yang basah setiap hari. Untuk yang berbulu panjang, harus disisir sedikitnya 2 kali dalam sehari. Sedangkan yang berbulu kasar perlu ditrimming. Hindari Dachshund melompat dari tempat yang tinggi seperti ranjang, kursi atau meja untuk menghindari cedera pada tulang belakangnya.

Puppies Teckel biasanya lahir sebanyak 3-7 ekor.
Puppies Teckel biasanya lahir sebanyak 3-7 ekor.

Ukuran

Seekor dachshund dewasa standar rata-rata beratnya antara 7 hingga 12,7 kg, sementara jenis mininya biasanya tidak lebih berat dari 5 kg. Sejak tahun 1990-an, penggunaan kelas ketiga oleh para pemiliknya, "tweenie," yang mencakup anjing-anjing yang berada di antar ukuran standar dan mini, yaitu antara 4,5 hingga 6,75 kg, makin populer.
Tinggi Dachshund setengah anjing biasa dan panjangnya satu setengah kali. Namun banyak puisi dan lagu menyebut mereka "dua kali panjang anjing biasa." Ciri khas ini telah membuat mereka cukup mudah dikenali dan ditampilkan dalam berbagai lelucon dan kartun, khususnya The Far Side oleh Gary Larson.

Puppies

Dachshund dapat melahirkan antara 3-7 ekor anakan. Breeding Dachshund sangat mudah karena tingkat kematian bayi Dachshund sangat rendah. Jarang sekali Dachshund melahirkan dengan proses bedah Cesar karena Dachshund memiliki tulang pinggul yang besar.

Dachshund /  Teckel.
Dachshund /  Teckel.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar