Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

CANE CORSO

CANE CORSO !

Cane Corso
Cane Corso adalah salah satu ras anjing kuno yang berasal dari Italia. Nama anjing ini berasal dari bahasa Latin, cohors, yang memiliki arti penjaga atau pelindung. Ras ini memiliki nenek moyang Canis Pugnax (Mollosian Roma kuno) yang sering digunakan untuk berburu hewan besar dan dilibatkan dalam peperangan. Menurut sejarah, anjing ini dulunya digunakan sebagai penjaga ternak dan rumah, berburu, dan juga perlindungan keluarga. Ketika anda melihat Cane Corso, kesan pertama anda adalah ia merupakan atlet, mengingatkan anda kepada seorang tukang gulat Greco-Roman. 

Sifat dan Temperamen

Cane Corso merupakan merupakan anjing yang sangat seimbang secara mental begitu pula secara fisik, ia harus percaya diri, aman dan waspada. Ia harus merupakan campuran yang sempurna dari sikap tempur, sikap agresif, kepatuhan, keramahan dan rasa ingin tahu. Ketegasan sifatnya merupakan kekuatan mental sejati dari trah ini. Cane Corso membutuhkan banyak sosialisasi ketika usianya masih muda, hal ini sangat disarankan untuk memerangi sifat kebencian alami yang dimiliki trah ini terhadap orang asing. Cane Corso akan dengan cepat memiliki ikatan dengan keluarga anda, khususnya dengan anak-anak, namun seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ia memiliki kebencian alami terhadap orang asing, sehingga lebih baik anda mengawasi semua teman anak-anak anda yang bertamu dan seminimal mungkin bermain kasar dengan anjing ini. Cane Corso harus diimbangi dengan tulang yang kokoh dan otot-otot yang besar. Cane Corso harus selalu waspada, tidak penakut dan percaya diri. Cane Corso merupakan anjing yang memiliki fungsi, ia dikembangbiakkan untuk melakukan beberapa pekerjaan dari bertempur hingga menggembala, dan Cane Corso harus bisa menampilkan kemampuannya untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut.

Ciri-Ciri Cane Corso

Cane Corso memiliki tubuh yang atletis, padat, namun lincah dalam bergerak. Beberapa ciri khusus dari Cane Corso adalah bermoncong pendek, telinga secara alamiah rumbuh menurun atau tumbuh pendek ke atas, bulu kaku dan pendek, biasanya berwarna hitam, coklat kekuningan, atau abu-abu. Beberapa sifat yang umumnya dimiliki Cane Corso adalah loyal kepada majikan, mudah beradaptasi dengan lingkungan hidupnya, mudah dilatih, dan pandai bergaul dengan anjing lain. 

Cane Corso harus mencakup badan yang Kuat dan Kokoh namun Anggun.

Kepala
Besar dan bertipikal molossoid. Sumbu longitudinal atas dari tengkorak dan moncong bertemu sedikit. 
Tengkorak kepala lebar pada lengkungan tulang yang membentuk jembatan antara tulang pipi dan tulang temporal pada setiap sisi tengkorak mamalia lebarnya sama dengan atau lebih lebar dari panjangnya. Cembung di depan, menajdi cukup datar dibelakang dahi hingga ke tengkuk. Alur medio-frontal terlihat.

Mata ukuran medium, berbentuk oval, melihat kedepan secara langsung, sedikit menonjol. Kelopak mata tertutup dengan baik. Warna dari selaput mata haruslah berwarna segelap mungkin, tergantung warna dari kulit. Ekspresi yang tajam dan penuh perhatian.

Telinga berbentuk segitiga, jatuh, dengan posisi diatas tulang pipi. hampir selalu dipotong dalam bentuk segitiga sama sisi.

Hidung hitam dan besar dengan cukup, lubang hidung terbuka dengan satu garis yang sama dengan jembatan hidung. 

Moncong dengan jelas lebih pendek daripadi tengkorak (rasio tengkorak 62%-64%, moncong 36%-38%), kuat, sangat persegi, dengan depan wajah yang datar dan sejajar dengan lebar selebar permukaan panjang sisi. Kerangka jembatan hidung berbentuk bujur sangkar.

Bibir atas agak menggantung dan menutupi rahang bawah, sehingga kerangka bawah dari moncong ditentukan dari bibir. Rahang sangat besar, tebal dan membengkok. Undershot ringan. Level dan scissors bite diperbolehkan.

Badan

Cane Corso berukuran sedang hingga besar. Kuat dan kokoh, namun anggun. Tidak berlemak, dengan otot kuat yang panjang. Panjang badannya lebih panjang dari tinggi punggungnya. Terbentuk dengan kokoh, tetapi tidak kekar. Leher kuat, cukup kurus, berotot, sepanjang kepala. Panjang badannya lebih panjang dari tinggi punggungnya terbentuk dengan kokoh, tetapi tidak kekar. Dari punggung bagian atas seperti garis lurus, lebih tinggi dari tinggi bagian belakang,  nyata, sangat berotot dan kokoh. Pinggang pendek dan padat dan pada bagian belakang panjang, lebar, sedikit condong terbentuk dengan baik dalam tiga dimensi, hingga ke siku. Ekor berdiri cukup tinggi sangat tebal diakar. Ekor di potong pada ruas tulang ekor keempat.

Dibagian kaki depan dari bahu terlihat panjang dan sangat berotot, lengan atas dan bawah kuat, lurus dan sangat kuat.  Dibagian belakang paha atas panjang dan lebar, pada bagian bawah ramping, kuat. Tulang telapak kaki tebal dan rapat namun pada kaki bagian belakang kurang padat dibanding dengan kaki depan

Bulu

Pendek (tidak polos), berkilau, sangat tebal dengan sedikit rambut dasar. Warna hitam, mengarah ke abu-abu(lead grey), abu kebiruan (slate), coklat kekuningan muda (fawn), merah kehitaman (stag red), belang coklat (brindle); adanya topeng hitam pada anjing berwarna coklat kekuningan (fawn). 


Tinggi, Berat dan Usia

Tinggi : Jantan pada daerah tertinggi adalah punggung 62-68cm dan Betina sekitar 58-64cm.
Berat : Jantan 42-50kg dan Betina 38-45kg.
Usia : Berkisar mencapai 10-12 tahun. Kembali bagaimana anda merawatnya. ^^

Perawatan untuk Cane Corso

Untuk memelihara Corso anda harus siap mempersiapkan waktu yang banyak untuk melakukan aktifitas fisik agar Corso tetap bugar seperti mengajak jalan-jalan atau jogging setidaknya satu mil, pagi dan sore setiap hari. Untuk usia sekitar 18 bulan akan lebih membutuhkan banyak jalan-jalan untuk membantu membakar energinya namun dilakukan dengan jalan-jalan pendek atau lebih lambat. Untuk stimulasi mental mereka suka dengan pekerjaan, kerja yang baik untuk Corso termasuk menggembala ternak, trik belajar, berlatih keterampilan dan ketaatan, atau ikut olahraga khusus mereka dan menghabiskan setidaknya 20 menit sehari untuk setiap kegiatan.

Jangan pernah biarkan kelonggaran dalam membawa Corso berjalan akan lebih baik jika mereka diberikan tali pengaman, juga jika dirumah berikan pagar adalah sebuah keharusan agar mencegah mereka meninggalkan rumah dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk Cane Corso anda akan siap untuk menghabiskan banyak biaya untuk jumlah perawatan, jika hal penting seperti memandulkan atau kebiri akan lebih mahal biayanya untuk anjing besar daripada yang kecil. Jika Corso membutuhkan operasi untuk alasan lain, biaya anestesi akan tinggi karena mereka membutuhkan lebih banyak serta jumlah yang lebih besar dari obat penghilang rasa sakit setelah operasi. Kemudian anda juga pasti akan mengeluarkan biaya kelas pelatihan, biaya untuk olahraga anjing (kecuali anda dapat melakukannya sendiri).

Masalah Kesehatan

Cane Corso umumnya sehat, tapi seperti semua keturunan mereka rentan terhadap kondisi kesehatan tertentu walaupun tidak semua Corso akan mendapatkan salah satu atau semua penyakit ini, tetapi penting untuk menyadari jika anda sedang mempertimbangkan untuk memelihara Corso. Beberapa masalah kesehatan yang sering dialami ras Cane Corso adalah displasia panggul, sakit pada kelopak mata, dan penggembungan. Corso dapat rentan terhadap Hip Dysplasia, kelainan kelopak seperti Entropion, Ectropion dan mata Cherry, kudis demodec (bisa dikarenakan keturunan/diwariskan) dan torsi lambung. Untuk anda yang memelihara sebaiknya bisa selalu up to date untuk ke dokter agar Corso anda selalu sehat karena Corso lebih rentan pada mata bawalah ke dokter mata untuk melakukan ujian pengecekkan mata.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Jack Russell Terrier - Si Gagah dan Pemberani

JACK RUSSELL TERRIER !

Jack RussellTerrier
HISTORY OF JACK RUSSELL TERRIER
Jack Russell Terrier (JRT) adalah ras anjing yang memiliki kemampuan eksplorasi dan berburu yang tinggi. Jack Russell dimaksudkan adalah anjing yang tangguh, pemberani dan senang bermain, nama nya diberikan oleh seorang pendeta bernama pendeta John Russell. Jack Russell bisa berburu rubah merah dan di gunakan untuk menggali tambang dari sarangnya pada pertengahan 1800-an. Pada umumnya anjing yang berkaki cukup panjang bersaing dengan anjing peternak dalam soal berburu untuk menekan kemampuan kerja, sehingga standar yang sangat luas memungkinkan berbagai tipe tubuh di terima. Pada tanggal 1 April 2003, Jack Russell Terrier Association of America di ubah menjadi Parson Russell Terrier Association of America. Jenis bekerja tetap pada Jack Russell sedangkan jenis acara Amerika di kenal sebagai Parson Russell Terrier. Beberapa bakat Jack Russell meliputi Berburu, Pelacakan, Kelincahan dan melakukan trik. Jack Russell Terrier banyak digemari pecinta anjing karena termasuk golongan anjing yang pintar, loyal, bersahabat dengan anak kecil, dan berenergi tinggi. Namun, anjing ini dikenal agresif terhadap anjing lain ataupun hewan kecil, seperti hamster dan kucing.

SIFAT DAN TEMPERAMEN JACK RUSSELL
Jack Russell Terrier adalah ceria, riang, setia dan penuh kasih anjing namun juga kadang keras kepala dan perlu perhatian khusus agar dapat bersikap stabil. Hal ini bersemangat dan taat namun cenderung bersikap hati-hati. Jack juga menikmati permainan dan bermain dengan mainan., Jack tipe anjing yang stabil dan ramah pada umumnya baik untuk anak-anak, namun untuk anak-anak akan lebih baik di ajarkan agar tidak menggoda atau memukul anjing karena mereka cerdas. Untuk memelihara Jack Russell anda harus bersikap sebagai pemimpin, dia perlu di berikan aturan untuk mengikuti dan keterbatasan seperti apa dia bersikap dan tidak diperbolehkan untuk melakukan, jangan biarkan anjing ini jatuh ke Dog Syndrome dimana dia percaya bahwa ia adalah pemimpin untuk semua manusia karena disinilah tingkat masalah seperti perilaku akan timbul, gertakan, kecemasan, dan menggonggong obesif. Jika dilatih sungguh-sungguh dia dapat melakukan trik mengesankan. Jika  anda tidak menunjukkan otoritas terhadap anjing Jack bisa sulit untuk dilatih. Jack ini memiliki naluri berburu yang sangat kuat (lebih kuat dibanding Terrier rata-rata) dan susah mempercayai hewan kecil lainnya. Si pemburu ini suka mengejar, mengeksplorasi dan menggali. Jika tidak mengerti sifat anjing seperti Jack Russell disarankan untuk tidak memelihara nya karena akan menimbul kan sifat yang negatif pada anjing ini. The Jack Russell Terrier harus menunjukkan penampilan yang hidup, aktif dan waspada. Ini harus terkesan dengan diposisi tak kenal takut dan bahagia nya. Harus diingat bahwa Jack Russell terrier adalah bekerja dan harus mempertahankan naluri ini. Tidak gugup, pengecut atau over-agresivitas harus berkecil hati dan harus selalu tampil percaya diri.

Jack Russell lebih dominan berwarna putih
Ciri Khas Jack Russell

Jack memiliki bulu berwarna dominan putih, namun ada ciri khas berupa lingkaran berwarna Hitam, Coklat atau Kuning biasanya sering menghiasi bagian kepala dan ekor dari Jack Russell. Umumnya ada dua macam tipe bulu yaitu Halus (memiliki panjang 1-1.5cm) dan Kasar (kesat namun lebih padat) dan ada pula yang memiliki kedua macam bulu tersebut. Bagian ekor anjing cenderung tegak keatas dan berukuran pendek (sekitar 5 inch).





Tinggi, Berat dan Usia 

Tinggi : 25-38cm
Berat : 6-8 kg
Usia : 15 tahun atau bahkan lebih

Group  : Terrier

Jack Russell rentan terhadap penyakit pada
mata, telinga dan lutut.

Masalah Kesehatan

Beberapa biasa nya rentan di bagian Tempurung Lutut, Penyakit mata dari keturunan seperti Glaukoma, Atrofi Retina dan Katarak, Tuli dan Penyakit di bagian Sendi Pinggul. Anjing ini juga sangat rawan terhadap Tumor.

Perawatan dan Pelatihan

Jack tidak perlu sering di mandikan karena dapat mengeringkan kulit anjing anda, oleh karena itu di sarankan untuk di mandikan 1 sampai 3 bulan sekali agar mempertahankan minyak alami kulit anjing anda, akan lebih baik lagi jika bulu nya sering di sisir agar mengkilap.  Jack Russell anjing yang berenergi tinggi sehingga bisa menjadi anjing yang menyenangkan jika kita bisa menghabiskan energinya dengan bermain dan di ajak berjalan-jalan diluar atau berburu jika tidak maka dia akan merusak dan menjadi gangguan di rumah. Akan lebih baik jika punya halaman yang cukup untuk Jack bermain dan menghabiskan energinya. Tipe Jack Russell pada usia 8 minggu ia sudah mampu menyerap segala sesuatu yang anda ajarkan padanya, jangan menunggu sampai ia berusia 6 bulan untuk memulai pelatihan atau anda akan memiliki Jack Russell dengan sifat yang lebih keras kepala untuk di tangani

Baby Jack Russell Terrier 



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

AFGHAN HOUND " Berwibawa dan Bermartabat "

AFGHAN HOUND


HISTORY OF AFGHAN HOUND

Anjing Afghan Hound sering disebut sebagai “Anjing Bahtera Nuh” oleh suku pemburu di Afganistan. Anjing Afghan Hound juga dipercaya sebagai salah satu ras anjing yang paling tua. Usia ras ini yang sebenarnya banyak diperdebatkan di setiap buku, oleh setiap penulis dan juga setiap generasi, tapi kebanyakan mengakui bahwa sejarah Afghan Hound dimulai kira-kira 8000 tahun yang lalu. Sedangkan Long-haired Grey Hound ditemukan di Mesir kira-kira 4000 S.M. Di negara asalnya, Afganistan, Afghan Hound dikenal sebagai pemburu yang baik saat berhadapan dengan pemburuan-pemburuan yang liar, seperti rusa, kijang dan leopard putih. Tidak ada anjing jenis lain yang bisa mengalahkan kecantikan eksotis dan keanggunan seperti yang dimiliki Afghan Hound.

Afghan Hound pasti jarang sekali terlihat di pandangan Anda, tidak seperti Labrador atau Beagle, tapi kemudian Anda pergi ke suatu pameran atau taman, dan Anda bertemu dengan Afghan pertama Anda. Mungkin bisa digambarkan seperti seorang gadis cantik disekolah yang semua orang pikir sombong padahal sebenarnya lembut dan pemalu.

Afghan Hound dipercaya merupakan salah
satu anjing ras yang paling tua
Diimpor ke Amerika Serikat pada tahun 1962, Afghan dengan cepat mendapat tempat di hati semua orang, dimana para penyuka Afghan dengan cepat mengetahui bahwa anjing ini sangat pintar, bahkan mungkin terlalu pintar untuk disuap dengan makanan dan terlalu peka untuk bekerja bagi orang yang kurang tulus dan kurang antusias dalam mengerjakan suatu tugas. Untuk memelihara dan melatih Afghan Hound seseorang harus mempunyai rasa hormat kepada individu yang mempunyai pikiran kuat, suka bekerja sama tetapi tidak bisa dipaksa.”

Afghan Hound juga memiliki
penampilan yang berwibawa dan bermartabat

Ciri-ciri Afghan Hound

Untuk penampilan Afghan Hound memiliki penampilan yang berwibawa dan sangat berpengaruh terhadap penampilan fisik nya, tentu saja anda tidak akan menemukan hal yang sama pada anjing peliharaan lainnya. Anjing ini memiliki bentuk tubuh yang tinggi dan ramping. Tinggi anjing ini berbeda dengan ras lainnya, sehingga sebagian dari anda mungkin akan terlihat sangat kurus.





- Kepala
Tinggi dan ramping dengan kepala yang panjang menyempit, rambut yang berkilau dan rahang yang kuat, bagian belakang kepala cukup menonjol. Moncong agak cembung dengan hidung hitam. Giginya harus bertemu pada level yang sama karena ini akan mempengaruhi insting pemburunya secara menyeluruh. Mata yang gelap berbentuk seperti almond. Kupingnya terletak tegak dan lurus dengan kepala karena hal ini yang membuat pendengaran mereka cukup tajam terhadap buruannya. Leher panjang dan kuat. 

- Badan
padan badan tulang pinggulnya cukup menonjol, Kaki depannya kuat dan lurus serta ditutupi bulu yang panjang dan lebat pergerakan kaki cukup lincah dan ditopang dengan seluruh bagian tubuh lainnya.

- Bulu
Afghan Hound tentu memiliki bulu yang sangat panjang bahkan lebat dan panjang berkilau, tentu saja hal ini akan menjadi pertimbangan bagi anda untuk menerapkan perawatan bulu yang sangat maksimal untuk anjing ras ini.

Tinggi, Berat dan Usia :
Untuk Afghan Hound dewasa memiliki tinggi sekitar 69-74 cm. biasanya untuk Betina memiliki ukuran sedikit lebih pendek. Untuk berat normal Afghan Hound sekitar 26-34kg dan untuk usia mereka dapat bertahan hidup sampai sekitar 12-15 tahun.

Makanan untuk Afghan Hound
Untuk jenis ini sebenarnya banyak jenis makanan yang bisa di berikan, namun sebaiknya anda memberikan makanan yang banyak mengandung protein dan karbohidrat. Hal ini dilakukan untuk menjaga kekuatan tulang dan stamina yang baik. Porsi makanan yang diberikan tentu tidak berlebihan. Beberapa jenis makanan seperti ini biasanya terdiri dari olahan daging, susu, dan makanan olahan lainnya. Hindari memberikan daging mentah secara berlebihan untuk anjing Afghan Hound.

Afghan Hound memiliki bulu yang panjang, lebat serta berkilau
Perawatan :
Bulunya yang panjang dan tebal membutuhkan perhatian yang lebih. Anjing jenis ini terutama yang ikut serta dalam pameran harus dimandikan satu minggu sekali. Jangan menyikat di antara waktu mandi agar bulunya tetap panjang dan bersinar. Menyikat bulu yang kering akan merusak bulunya dan bahkan akan menjadi lebih mudah kusut. Jika Afghan Anda merupakan peliharaan Anda dan tidak suka ikut dalam pameran, maka Anda tidak perlu memandikannya seminggu sekali. Namun keuntungan bagi Anda jika Anda tetap memandikannya seminggu sekali adalah bulunya tidak akan begitu kusut sehingga akan menghemat waktu Anda. Banyak orang menggunakan semacam jaring rambut untuk menjaga kuping Afghan agar tetap bersih saat mereka sedang makan.

Sifat / Temperamen
Dia sangat bermartabat, kadang-kadang suka menyendiri namun sangat manis, setia, penyayang dan sensitif serta tidak terlalu suka mendominasi. Mereka harus dilatih dengan baik. Afghan sering digambarkan sebagai “raja dari para anjing”. Mereka mempunyai sifat agung, elegan, mulia dan berani, mempunyai rasa curiga namun tidak bermusuhan terhadap orang asing. Mereka akan sedih dan cenderung tidak mau makan jika mereka sedang ingin diperhatikan. Mereka berhubungan dengan sangat baik kepada anak-anak yang lebih tua dan lebih pengertian.

Masalah Kesehatan :
Sama seperti ras lainnya, Afghan Hound memiliki masalah kesehatan. Anjing ini cukup tahan terhadap beberapa penyakit yang lebih sering diderita pada anjing umumnya. Kekuatan fisik dan ketahanan mental yang lebih baik menjadi kunci utama. Namun, kelemahan pada Afghan Hound terletak pada masalah yang secara tiba-tiba seperti jika anjing ini memiliki luka ringan pada bagian tubuh tertentu, maka Afghan Hound akan mengerang kesakitan.
Tipikal pemburu yang tertanam padanya membuat anda harus menempatkan pada alam yang lebih baik, jangan pernah menempatkan Afghan Hound di apartemen atau di rumah dalam keadaan tertutup karena hal ini akan membuat mereka stress dan menurunkan kondisi tubuh secara perlahan. Untuk menjaga kekuatan tulang dan stamina yang baik, Afghan Hound membutuhkan pola berjalan hingga 30 menit, pola berjalan ini tentu sangat baik jika dilakukan setiap harinya karena semakin sering anda mengajak mereka berjalan maka kekuatan tulang dan stamina mereka semakin lebih baik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Belgian Malinois - Black Head

Belgian Malinois (BlackHead)


BELGIAN MALINOIS

Anjing trah Belgian Malinois tidak selalu merupakan pilihan yang cocok untuk semua orang. Malinois biasanya sangat aktif dan lincah, dengan tingkat kepercayaan yang tinggi, bertemperamen dengan sensitifitas alami, membuatnya lebih cocok untuk pemilik anjing yang berpengalaman.
Dibawah ini disediakan informasi untuk membantu anda lebih mengerti diri anda sendiri dengan memiliki Malinois dapat lebih berarti terhadap gaya hidup dan keluarga anda.


HISTORY OF BELGIAN MALINOIS

Malinois adalah satu dari empat trah anjing yang mana di negara asalnya disebut anjing gembala belgia, anjing Belgian Malinois diberi nama sesuai dengan nama kota asalnya Malines dimana dikota ini dia dipeliahara dan diternak karena kemampuannya menjaga hewan ternak. Dua kali perang dunia hampir mengeliminasi keempat jenis anjing ini dan selamanya mengubah pandangan dari peminat dan peternak anjing yang membanggakan dan elegan ini. Sekarang dia bernilai tinggi karena kemampuannya dalam berbagai hal, malinois melakukan suatu aktivitas tidak jauh dari yang dilakukan oleh pemiliknya.
Dikenal oleh AKC ( American Kennel Club ) pada tahun 1959 dan dimasukan dalam trah lain lain dan pada tahun 1965 memperoleh status trah anjing kerja. Sekarang Malinois berada di group gembala oleh AKC sejak tahun 1983.

Nama Malinois diambil dari Kota asalnya.


Sifat dan Karakter Belgian Malinois

Belgian Malinois adalah anjing keluarga yang sensitif. Mereka sangat suka melakukan apa saja untuk tuannya. Mereka bukan ras yang suka dikandangin atau dijauhkan dari tuannya. Mereka juga merupakan anjing yang sangat berenergi. Ini penting untuk diketahui supaya bila anda tidak siap dan tidak suka tingkat aktivitas tingginya, anda akan sangat menderita. Malinois jika tidak diberikan sesuatu untuk dikerjakan mereka akan melakukan sesuatu dengan sendirinya dan biasanya yang anda tidak senangi

Banyak orang bilang bahwa mereka sebelumnya memiliki anjing yang sangat aktif, tapi setelah memiliki Malinois mereka merasakan perbedaan yang jauh. Malinois sangat berenergi dan energinya ditujukan kepada tuannya. Jadi bila anda melemparkan bola sebanyak 100 ke dia, maka dia akan mengembalikannya 101 kali

Malinois biasanya digunakan sebagai anjing ketangkasan (agility), anjing kepatuhan (obedience), anjing pelacak (tracking), anjing schutzhund (sport schutzhund), ringsport, anjing polisi (police dog) dan juga search & rescue.  Training yang benar dan sosialisasi diharuskan untuk seekor Malinois karena keinginan bekerjanya dan sifat melindunginya dapat menyebabkan dia bermasalah bila tidak di arahkan.

Malinois anjing yang masih alami dan tidak begitu
memerlukan perawatan khusus.

Ciri-ciri Umum : 

- Kepala

harus rapi dan bebas kerutan, terlihat kuat namun tidak kasar. Mata berwarna coklat, warna gelap lebih baik berbentuk buah Almond dan berukuran sedang. Telinga berdiri tegak dan menghadap kedepan. Tengkorak bagian atas rata/dalam. Ujung moncong meruncing, moncong harus hitam. Bentuk gigi menggunting atau rata, gigi harus lengkap agar terkesan kuat, warna bibir dan gusi harus gelap.


- Badan

Belgian shepherd terdiri dari Groenendael ( hitam berbulu panjang ), Tervueren ( fawn berbulu panjang ), Laeknois ( fawn berbulu keriting ) dan Malinois ( fawn berbulu pendek ). Warna bulu Fawn/Mahogany dan Hitam terkadang dada berwarna Putih. Leher memiliki panjang yang cukup. Badan ramping tapi memperlihatkan kekuatan yang jelas. Kaki depan lurus dan memiliki tapak kaki membulat seperti tapak kaki kucing dan Kuku disamping kaki harus dibuang dan warna kuku harus Hitam. Tulang punggung kuat dan lurus. Ekor tidak boleh terangkat melebihi garis punggung. Ekor memiliki bulu yang cukup tebal seperti Anjing Gembala Jerman.

- Bulu

Bulu pendek , lurus dan cukup kasar untuk menahan tubuh dari serangan cuaca panas dan dingin. Memiliki bulu dalam (under coat) tetapi tidak terlalu tebal seperti Golden Retriever. Pada kepala, telinga, dan kaki bagian bawah bulu harus pendek. Pada bagian leher, bulu agak panjang. Bulu pada ekor agak panjang dan tebal. Bulu harus rapat menutupi tubuh, tidak boleh terlihat berdiri atau menjuntai kebawah.


- Perawatan : 


Malinois adalah anjing yang masih alami dan tidak begitu memerlukan perawatan. Telinga, Ekor dan kuku kecil dibagian atas baik saja dan pemotongan tidak diperlukan sama sekali. Sangat sedikit sekali penyisiran yang diperlukan, namun Malinois setahun 2 kali rontok.

Tinggi, Berat Badan dan Usia :

Tinggi : Jantan 60-66cm Betina 56-60cm
Berat : Jantan 29-30kg Betina 23-28kg
Usia :  14-16 tahun




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS