Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

AFGHAN HOUND " Berwibawa dan Bermartabat "

AFGHAN HOUND


HISTORY OF AFGHAN HOUND

Anjing Afghan Hound sering disebut sebagai “Anjing Bahtera Nuh” oleh suku pemburu di Afganistan. Anjing Afghan Hound juga dipercaya sebagai salah satu ras anjing yang paling tua. Usia ras ini yang sebenarnya banyak diperdebatkan di setiap buku, oleh setiap penulis dan juga setiap generasi, tapi kebanyakan mengakui bahwa sejarah Afghan Hound dimulai kira-kira 8000 tahun yang lalu. Sedangkan Long-haired Grey Hound ditemukan di Mesir kira-kira 4000 S.M. Di negara asalnya, Afganistan, Afghan Hound dikenal sebagai pemburu yang baik saat berhadapan dengan pemburuan-pemburuan yang liar, seperti rusa, kijang dan leopard putih. Tidak ada anjing jenis lain yang bisa mengalahkan kecantikan eksotis dan keanggunan seperti yang dimiliki Afghan Hound.

Afghan Hound pasti jarang sekali terlihat di pandangan Anda, tidak seperti Labrador atau Beagle, tapi kemudian Anda pergi ke suatu pameran atau taman, dan Anda bertemu dengan Afghan pertama Anda. Mungkin bisa digambarkan seperti seorang gadis cantik disekolah yang semua orang pikir sombong padahal sebenarnya lembut dan pemalu.

Afghan Hound dipercaya merupakan salah
satu anjing ras yang paling tua
Diimpor ke Amerika Serikat pada tahun 1962, Afghan dengan cepat mendapat tempat di hati semua orang, dimana para penyuka Afghan dengan cepat mengetahui bahwa anjing ini sangat pintar, bahkan mungkin terlalu pintar untuk disuap dengan makanan dan terlalu peka untuk bekerja bagi orang yang kurang tulus dan kurang antusias dalam mengerjakan suatu tugas. Untuk memelihara dan melatih Afghan Hound seseorang harus mempunyai rasa hormat kepada individu yang mempunyai pikiran kuat, suka bekerja sama tetapi tidak bisa dipaksa.”

Afghan Hound juga memiliki
penampilan yang berwibawa dan bermartabat

Ciri-ciri Afghan Hound

Untuk penampilan Afghan Hound memiliki penampilan yang berwibawa dan sangat berpengaruh terhadap penampilan fisik nya, tentu saja anda tidak akan menemukan hal yang sama pada anjing peliharaan lainnya. Anjing ini memiliki bentuk tubuh yang tinggi dan ramping. Tinggi anjing ini berbeda dengan ras lainnya, sehingga sebagian dari anda mungkin akan terlihat sangat kurus.





- Kepala
Tinggi dan ramping dengan kepala yang panjang menyempit, rambut yang berkilau dan rahang yang kuat, bagian belakang kepala cukup menonjol. Moncong agak cembung dengan hidung hitam. Giginya harus bertemu pada level yang sama karena ini akan mempengaruhi insting pemburunya secara menyeluruh. Mata yang gelap berbentuk seperti almond. Kupingnya terletak tegak dan lurus dengan kepala karena hal ini yang membuat pendengaran mereka cukup tajam terhadap buruannya. Leher panjang dan kuat. 

- Badan
padan badan tulang pinggulnya cukup menonjol, Kaki depannya kuat dan lurus serta ditutupi bulu yang panjang dan lebat pergerakan kaki cukup lincah dan ditopang dengan seluruh bagian tubuh lainnya.

- Bulu
Afghan Hound tentu memiliki bulu yang sangat panjang bahkan lebat dan panjang berkilau, tentu saja hal ini akan menjadi pertimbangan bagi anda untuk menerapkan perawatan bulu yang sangat maksimal untuk anjing ras ini.

Tinggi, Berat dan Usia :
Untuk Afghan Hound dewasa memiliki tinggi sekitar 69-74 cm. biasanya untuk Betina memiliki ukuran sedikit lebih pendek. Untuk berat normal Afghan Hound sekitar 26-34kg dan untuk usia mereka dapat bertahan hidup sampai sekitar 12-15 tahun.

Makanan untuk Afghan Hound
Untuk jenis ini sebenarnya banyak jenis makanan yang bisa di berikan, namun sebaiknya anda memberikan makanan yang banyak mengandung protein dan karbohidrat. Hal ini dilakukan untuk menjaga kekuatan tulang dan stamina yang baik. Porsi makanan yang diberikan tentu tidak berlebihan. Beberapa jenis makanan seperti ini biasanya terdiri dari olahan daging, susu, dan makanan olahan lainnya. Hindari memberikan daging mentah secara berlebihan untuk anjing Afghan Hound.

Afghan Hound memiliki bulu yang panjang, lebat serta berkilau
Perawatan :
Bulunya yang panjang dan tebal membutuhkan perhatian yang lebih. Anjing jenis ini terutama yang ikut serta dalam pameran harus dimandikan satu minggu sekali. Jangan menyikat di antara waktu mandi agar bulunya tetap panjang dan bersinar. Menyikat bulu yang kering akan merusak bulunya dan bahkan akan menjadi lebih mudah kusut. Jika Afghan Anda merupakan peliharaan Anda dan tidak suka ikut dalam pameran, maka Anda tidak perlu memandikannya seminggu sekali. Namun keuntungan bagi Anda jika Anda tetap memandikannya seminggu sekali adalah bulunya tidak akan begitu kusut sehingga akan menghemat waktu Anda. Banyak orang menggunakan semacam jaring rambut untuk menjaga kuping Afghan agar tetap bersih saat mereka sedang makan.

Sifat / Temperamen
Dia sangat bermartabat, kadang-kadang suka menyendiri namun sangat manis, setia, penyayang dan sensitif serta tidak terlalu suka mendominasi. Mereka harus dilatih dengan baik. Afghan sering digambarkan sebagai “raja dari para anjing”. Mereka mempunyai sifat agung, elegan, mulia dan berani, mempunyai rasa curiga namun tidak bermusuhan terhadap orang asing. Mereka akan sedih dan cenderung tidak mau makan jika mereka sedang ingin diperhatikan. Mereka berhubungan dengan sangat baik kepada anak-anak yang lebih tua dan lebih pengertian.

Masalah Kesehatan :
Sama seperti ras lainnya, Afghan Hound memiliki masalah kesehatan. Anjing ini cukup tahan terhadap beberapa penyakit yang lebih sering diderita pada anjing umumnya. Kekuatan fisik dan ketahanan mental yang lebih baik menjadi kunci utama. Namun, kelemahan pada Afghan Hound terletak pada masalah yang secara tiba-tiba seperti jika anjing ini memiliki luka ringan pada bagian tubuh tertentu, maka Afghan Hound akan mengerang kesakitan.
Tipikal pemburu yang tertanam padanya membuat anda harus menempatkan pada alam yang lebih baik, jangan pernah menempatkan Afghan Hound di apartemen atau di rumah dalam keadaan tertutup karena hal ini akan membuat mereka stress dan menurunkan kondisi tubuh secara perlahan. Untuk menjaga kekuatan tulang dan stamina yang baik, Afghan Hound membutuhkan pola berjalan hingga 30 menit, pola berjalan ini tentu sangat baik jika dilakukan setiap harinya karena semakin sering anda mengajak mereka berjalan maka kekuatan tulang dan stamina mereka semakin lebih baik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar