Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Belgian Malinois - Black Head

Belgian Malinois (BlackHead)


BELGIAN MALINOIS

Anjing trah Belgian Malinois tidak selalu merupakan pilihan yang cocok untuk semua orang. Malinois biasanya sangat aktif dan lincah, dengan tingkat kepercayaan yang tinggi, bertemperamen dengan sensitifitas alami, membuatnya lebih cocok untuk pemilik anjing yang berpengalaman.
Dibawah ini disediakan informasi untuk membantu anda lebih mengerti diri anda sendiri dengan memiliki Malinois dapat lebih berarti terhadap gaya hidup dan keluarga anda.


HISTORY OF BELGIAN MALINOIS

Malinois adalah satu dari empat trah anjing yang mana di negara asalnya disebut anjing gembala belgia, anjing Belgian Malinois diberi nama sesuai dengan nama kota asalnya Malines dimana dikota ini dia dipeliahara dan diternak karena kemampuannya menjaga hewan ternak. Dua kali perang dunia hampir mengeliminasi keempat jenis anjing ini dan selamanya mengubah pandangan dari peminat dan peternak anjing yang membanggakan dan elegan ini. Sekarang dia bernilai tinggi karena kemampuannya dalam berbagai hal, malinois melakukan suatu aktivitas tidak jauh dari yang dilakukan oleh pemiliknya.
Dikenal oleh AKC ( American Kennel Club ) pada tahun 1959 dan dimasukan dalam trah lain lain dan pada tahun 1965 memperoleh status trah anjing kerja. Sekarang Malinois berada di group gembala oleh AKC sejak tahun 1983.

Nama Malinois diambil dari Kota asalnya.


Sifat dan Karakter Belgian Malinois

Belgian Malinois adalah anjing keluarga yang sensitif. Mereka sangat suka melakukan apa saja untuk tuannya. Mereka bukan ras yang suka dikandangin atau dijauhkan dari tuannya. Mereka juga merupakan anjing yang sangat berenergi. Ini penting untuk diketahui supaya bila anda tidak siap dan tidak suka tingkat aktivitas tingginya, anda akan sangat menderita. Malinois jika tidak diberikan sesuatu untuk dikerjakan mereka akan melakukan sesuatu dengan sendirinya dan biasanya yang anda tidak senangi

Banyak orang bilang bahwa mereka sebelumnya memiliki anjing yang sangat aktif, tapi setelah memiliki Malinois mereka merasakan perbedaan yang jauh. Malinois sangat berenergi dan energinya ditujukan kepada tuannya. Jadi bila anda melemparkan bola sebanyak 100 ke dia, maka dia akan mengembalikannya 101 kali

Malinois biasanya digunakan sebagai anjing ketangkasan (agility), anjing kepatuhan (obedience), anjing pelacak (tracking), anjing schutzhund (sport schutzhund), ringsport, anjing polisi (police dog) dan juga search & rescue.  Training yang benar dan sosialisasi diharuskan untuk seekor Malinois karena keinginan bekerjanya dan sifat melindunginya dapat menyebabkan dia bermasalah bila tidak di arahkan.

Malinois anjing yang masih alami dan tidak begitu
memerlukan perawatan khusus.

Ciri-ciri Umum : 

- Kepala

harus rapi dan bebas kerutan, terlihat kuat namun tidak kasar. Mata berwarna coklat, warna gelap lebih baik berbentuk buah Almond dan berukuran sedang. Telinga berdiri tegak dan menghadap kedepan. Tengkorak bagian atas rata/dalam. Ujung moncong meruncing, moncong harus hitam. Bentuk gigi menggunting atau rata, gigi harus lengkap agar terkesan kuat, warna bibir dan gusi harus gelap.


- Badan

Belgian shepherd terdiri dari Groenendael ( hitam berbulu panjang ), Tervueren ( fawn berbulu panjang ), Laeknois ( fawn berbulu keriting ) dan Malinois ( fawn berbulu pendek ). Warna bulu Fawn/Mahogany dan Hitam terkadang dada berwarna Putih. Leher memiliki panjang yang cukup. Badan ramping tapi memperlihatkan kekuatan yang jelas. Kaki depan lurus dan memiliki tapak kaki membulat seperti tapak kaki kucing dan Kuku disamping kaki harus dibuang dan warna kuku harus Hitam. Tulang punggung kuat dan lurus. Ekor tidak boleh terangkat melebihi garis punggung. Ekor memiliki bulu yang cukup tebal seperti Anjing Gembala Jerman.

- Bulu

Bulu pendek , lurus dan cukup kasar untuk menahan tubuh dari serangan cuaca panas dan dingin. Memiliki bulu dalam (under coat) tetapi tidak terlalu tebal seperti Golden Retriever. Pada kepala, telinga, dan kaki bagian bawah bulu harus pendek. Pada bagian leher, bulu agak panjang. Bulu pada ekor agak panjang dan tebal. Bulu harus rapat menutupi tubuh, tidak boleh terlihat berdiri atau menjuntai kebawah.


- Perawatan : 


Malinois adalah anjing yang masih alami dan tidak begitu memerlukan perawatan. Telinga, Ekor dan kuku kecil dibagian atas baik saja dan pemotongan tidak diperlukan sama sekali. Sangat sedikit sekali penyisiran yang diperlukan, namun Malinois setahun 2 kali rontok.

Tinggi, Berat Badan dan Usia :

Tinggi : Jantan 60-66cm Betina 56-60cm
Berat : Jantan 29-30kg Betina 23-28kg
Usia :  14-16 tahun




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar