Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Jack Russell Terrier - Si Gagah dan Pemberani

JACK RUSSELL TERRIER !

Jack RussellTerrier
HISTORY OF JACK RUSSELL TERRIER
Jack Russell Terrier (JRT) adalah ras anjing yang memiliki kemampuan eksplorasi dan berburu yang tinggi. Jack Russell dimaksudkan adalah anjing yang tangguh, pemberani dan senang bermain, nama nya diberikan oleh seorang pendeta bernama pendeta John Russell. Jack Russell bisa berburu rubah merah dan di gunakan untuk menggali tambang dari sarangnya pada pertengahan 1800-an. Pada umumnya anjing yang berkaki cukup panjang bersaing dengan anjing peternak dalam soal berburu untuk menekan kemampuan kerja, sehingga standar yang sangat luas memungkinkan berbagai tipe tubuh di terima. Pada tanggal 1 April 2003, Jack Russell Terrier Association of America di ubah menjadi Parson Russell Terrier Association of America. Jenis bekerja tetap pada Jack Russell sedangkan jenis acara Amerika di kenal sebagai Parson Russell Terrier. Beberapa bakat Jack Russell meliputi Berburu, Pelacakan, Kelincahan dan melakukan trik. Jack Russell Terrier banyak digemari pecinta anjing karena termasuk golongan anjing yang pintar, loyal, bersahabat dengan anak kecil, dan berenergi tinggi. Namun, anjing ini dikenal agresif terhadap anjing lain ataupun hewan kecil, seperti hamster dan kucing.

SIFAT DAN TEMPERAMEN JACK RUSSELL
Jack Russell Terrier adalah ceria, riang, setia dan penuh kasih anjing namun juga kadang keras kepala dan perlu perhatian khusus agar dapat bersikap stabil. Hal ini bersemangat dan taat namun cenderung bersikap hati-hati. Jack juga menikmati permainan dan bermain dengan mainan., Jack tipe anjing yang stabil dan ramah pada umumnya baik untuk anak-anak, namun untuk anak-anak akan lebih baik di ajarkan agar tidak menggoda atau memukul anjing karena mereka cerdas. Untuk memelihara Jack Russell anda harus bersikap sebagai pemimpin, dia perlu di berikan aturan untuk mengikuti dan keterbatasan seperti apa dia bersikap dan tidak diperbolehkan untuk melakukan, jangan biarkan anjing ini jatuh ke Dog Syndrome dimana dia percaya bahwa ia adalah pemimpin untuk semua manusia karena disinilah tingkat masalah seperti perilaku akan timbul, gertakan, kecemasan, dan menggonggong obesif. Jika dilatih sungguh-sungguh dia dapat melakukan trik mengesankan. Jika  anda tidak menunjukkan otoritas terhadap anjing Jack bisa sulit untuk dilatih. Jack ini memiliki naluri berburu yang sangat kuat (lebih kuat dibanding Terrier rata-rata) dan susah mempercayai hewan kecil lainnya. Si pemburu ini suka mengejar, mengeksplorasi dan menggali. Jika tidak mengerti sifat anjing seperti Jack Russell disarankan untuk tidak memelihara nya karena akan menimbul kan sifat yang negatif pada anjing ini. The Jack Russell Terrier harus menunjukkan penampilan yang hidup, aktif dan waspada. Ini harus terkesan dengan diposisi tak kenal takut dan bahagia nya. Harus diingat bahwa Jack Russell terrier adalah bekerja dan harus mempertahankan naluri ini. Tidak gugup, pengecut atau over-agresivitas harus berkecil hati dan harus selalu tampil percaya diri.

Jack Russell lebih dominan berwarna putih
Ciri Khas Jack Russell

Jack memiliki bulu berwarna dominan putih, namun ada ciri khas berupa lingkaran berwarna Hitam, Coklat atau Kuning biasanya sering menghiasi bagian kepala dan ekor dari Jack Russell. Umumnya ada dua macam tipe bulu yaitu Halus (memiliki panjang 1-1.5cm) dan Kasar (kesat namun lebih padat) dan ada pula yang memiliki kedua macam bulu tersebut. Bagian ekor anjing cenderung tegak keatas dan berukuran pendek (sekitar 5 inch).





Tinggi, Berat dan Usia 

Tinggi : 25-38cm
Berat : 6-8 kg
Usia : 15 tahun atau bahkan lebih

Group  : Terrier

Jack Russell rentan terhadap penyakit pada
mata, telinga dan lutut.

Masalah Kesehatan

Beberapa biasa nya rentan di bagian Tempurung Lutut, Penyakit mata dari keturunan seperti Glaukoma, Atrofi Retina dan Katarak, Tuli dan Penyakit di bagian Sendi Pinggul. Anjing ini juga sangat rawan terhadap Tumor.

Perawatan dan Pelatihan

Jack tidak perlu sering di mandikan karena dapat mengeringkan kulit anjing anda, oleh karena itu di sarankan untuk di mandikan 1 sampai 3 bulan sekali agar mempertahankan minyak alami kulit anjing anda, akan lebih baik lagi jika bulu nya sering di sisir agar mengkilap.  Jack Russell anjing yang berenergi tinggi sehingga bisa menjadi anjing yang menyenangkan jika kita bisa menghabiskan energinya dengan bermain dan di ajak berjalan-jalan diluar atau berburu jika tidak maka dia akan merusak dan menjadi gangguan di rumah. Akan lebih baik jika punya halaman yang cukup untuk Jack bermain dan menghabiskan energinya. Tipe Jack Russell pada usia 8 minggu ia sudah mampu menyerap segala sesuatu yang anda ajarkan padanya, jangan menunggu sampai ia berusia 6 bulan untuk memulai pelatihan atau anda akan memiliki Jack Russell dengan sifat yang lebih keras kepala untuk di tangani

Baby Jack Russell Terrier 



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar